Pngertian dan Konfigurasi FTP Server

Assalamu'alaikum wr.wb

Kali ini saya akan share tentang:Pengertian Dan Konfigurasi FTP Server

1.Pengertian FTP
         FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol, protokol untuk               bertukar file melalui
jaringan. FTP sering digunakan untuk mendownload sebuah file dari server maupun untuk
mengupload file ke sebuah server (misalnya mengupload konten-konten web ke sebuah
webserver). Cara kerja protokol FTP hampir sama dengan protokol lainnya. Apabila
protokol HTTP bertugas untuk urusan web, kemudian protkol SMTP bertugas dalam urusan
mail, maka FTP ini bertugas untuk urusan pertukaran file. Intinya FTP adalah protokol yang
bertugas dalam hal pertukaran file baik itu download ataupun upload di jaringan.

Installasi dan konfigurasi FTP server

#apt-get install proftpd

 Akan muncul dua pilihan yaitu “from inetd” dan “standalone” silahkan pilih standalone
dengan mekan enter , untuk konfigurasi ftp server menggunakan aplikasi ini terdapat pada
file “/etc/proftpd/proftpd.conf” baik untuk konfigurasi dengan password atau pun guest ok.

Konfigurasi proftpd 
#nano /etc/proftpd/proftpd.conf
Tambahkan baris berikut pada bagian paling akhir file konfigurasi untuk user login atau
dengan password :

misalkan:
<Anonymous /home/aku/>
User aku
</Anonymous>

kemudian simpan dengan tekan ctrl+x tekan y setelah itu tekan Enter dan setelah itu tambahkan  user aku dengan perintah:#adduser aku

Kemudian anda restart service proftpd dengan perintah: service proftpd restart

 Untuk anonymous login atau guest ok silahkan anda ganti baris yang anda masukan tadi
dengan baris dibawah ini pada ahir file konfigurasi :
 
<Anonymous /home/aku>
User aku
UserAlias
anonymous
</Anonymous>
aku
 
Kemudian simpan tekan ctrl+x tekan y tekan enter
Restart service proftpd dengan perintah :
 
#service proftpd restar.


Sekian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat untuk kawan-kawan semua...

Wassalamu'alaikum wr.wb 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian,fungsi dan konfigurasi bind9 di debian

Menghubungkan smartphone satu ISP di cisco Packet Tracer

Menghubungkan 2 jaringan antar gedung dengan Routing Dinamic rip Cisco Packet Tracer