Cara Membuat Topologi Star di cisco packet tracer

Assalamu'alaikum Wr.Wb



Pada kesempatan kali ini 
Saya akan coba share tentang 
Cara membuat topologi star
di
cisco packet tracer




1. Pengertian

   Adapun pengertian topologi star ataupun bintang (*)
Topologi star atau bintang merupakan topologi yang sering dipakai di warnet-warnet dan lain-lain.memang topologi ini lebih efisien,tapi semua topologi pasti memiki kekurangan dan kelebihan masing-masing,kelebihan topoloi star adalah fleksibel, keamanan data lebih baik,jika ada kerusakan lebih mudah dideteksi, dan jika ada salah satu komputer yang rusak maka komputer lain tidak,terpengaruh,tetapi dibalik kelebihan pasti ada kekurangan,kekurangannya adalah penggunaan biaya yang luamayan mahal,menggunakan kabel yang banyak dan parahnya jika hhub atau switch rusak maka seluruh komputer yang terhubung akan putus koneksi.Baiklah mari kita bahas bagaimana sih caranya membuat topologi ini, mari disimak.

 2. Tujuan

  Nahtujuan saya membuat simulasi toppologi ini karena saya agak bingung tentag topologi cisco maka dari itu saya membuat coba-coba dan akhirnya berhasil,dan saya akan membagksamaikan/ sharing kepada teman-teman.

3. Alat & Bahan
 - Pc/Laptop
-Aplikasi cisco packet tracer


4. Langkah kerja


     1. langka pertama buka dulu aplikasi cisco packet tracer

    2. Langkah selanjutnya  siapkan:
    
    - 5 buah (pc)
    - 1 buah (server)
    - 1 buah (switches)



  3. Sambungkan semua pc ke switches dan switches ke pc server
       dengan kabel.




   Setelah selesai gambar seperti dibawah ini


   4. Berikan alamat IP ke Komputer dan server

    a. kita berikan alamat ip kepada server terlebih dahulu agar mudah dalam pengerjaannya.saya berikan IP server (192.168.101.2)



      b. Berikan IP kepada client saya memberikan ip kepada pc0 (192.168.20.10 hingga pc ke-4(192.168.20.14)






      5. Setelah itu kita ping dengan perintah  ping 192.168.20.14 (misalkan)

         Nah jika sudah gambar seperti ini kita sudah berhasil.

        Langkah selanjutnya juga seperti itu jika ingin mengecek aplikasi komputer satu dengan yang lainnya terhubung.




Sekian yang bisa saya sampaikan
Mohon maaf jika ada kesalahan
Mudah-mudahan bermanfaat

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian,fungsi dan konfigurasi bind9 di debian

Menghubungkan smartphone satu ISP di cisco Packet Tracer

Menghubungkan 2 jaringan antar gedung dengan Routing Dinamic rip Cisco Packet Tracer