PENGERTIAN,FUNGSI,TUJUAN DAN MANFAAT CMS


                                               Assalamu'alaikum wr.wb

kali ini saya akan share tentang:

                          "PENGERTIAN,FUNGSI,TUJUAN DAN MANFAAT CMS"



1.Pengertian CMS menurut Kentos
 Menurut kentos,content management system atau sering disebut dengan CMS adalah aplikasi web yang berisikan template untuk mengelola isi halaman web secara mudah.penggunaan content management system tidak memerlukan pengetahuan pemograman web yang handalkarena proses instalasi dan cara penggunaannya sudah user friendly.CMS sendiri ada yang dibuat khusus menyesuaikan kasus yang ada dan biasanya berbayar dan ada yang berupa template instan yang funsionalitasnya dibuat dengan menyesuaikan pada beberapa proses bisnis yang ada di dunua nyata yang dapat digunakan secara gratis.

2.Tujuan menggunakan CMS
  CMS bertujuan memberikan kemudahan kepada penulis untuk mengelola informasi yang ada di sebuah server tanpa harus tahu sebelumnya tentang sagalahal yang bersifat teknis.Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki,CMS memungkinkan penulis untuk dapat mengubah tampilan situs(warna,huruf,gambar dan lain-lain)tanpa harus mengubah isi/konten/berita/teks yang ada di dalamnya.
3. Manfaat menggunakan CMS

Berikut ini adala manfaat menggunakan CMS:

  • Manajemen data.ini merupakan fungsi utama CMS,semua data/informasi baik yang telah ditampilkan ataupun belum dapat diorganisasikan dan disimpan secara baik.sewaktu-waktu data/informasi dapat digunakan kembali sesuai kebutuhan.selain itu,CMS juga mendukung berbagai  macam format data seperti, XML,HTML,PDF dan lain-lain.serta melakukan indexing,fungsi pencarian dan control terhada revisi yang dilakukan terhada data/informasi.Dengan mengunakan CMS proses update dapat dilakukan dengan cepat sehingga menjamin kemutahiran informasi yang ditampilkan.
  • Mengatur siklus hidup server.banyak CMS  memberika fasilitas kepada para penggunanya untuk mengelola bagian atau isi mana saja yang aka ditampilkan,masa/waktu penampilan atau lokasi penampilan di server.tidak jarang sebelum ditampilkan,bagian atau isi yang dimaksud terlebih dahulu di review oleh editor sehingga dijamin kevaliditsannya.
  • Mendukung web templating dan standarisasi. setiap halaman server yang dihasilkan berasal dari template yang terlebih dahulu disediakan  oleh CMS.selain dapat menjaga konsistensi tampilan secara keseluruhan para penulis dan editor dapat berkonsentrasi secara penuh dalam melaksanakan tugasnya menyediakan isi server.jika isi telah tersedia,proses publikasi dapat berjalan dengan mudah karena sudah ada template sebelumnya.Beberapa bagian server biasanya telah ditetapkan sedemikian rupa sehingga tidak dapat diubah begitu saja.Hal ini dilakukan untuk memberikan standarisasi kepada seluruh bagian server.
  • Personalisasi server. setelah sebuah isi ditempelkan kedalam CMS,isi tersebut dapa ditampilkan sesuai keinginan dan kebutuhan penggunanya.Terlebih lagi dengan kelebihan CMS yang dapat memisahkan desain dan isi,menyebabkan proses personalisasi dapat berjalan dengan mudah.
  • Sindikasi. sindikasi memberi kemungkinan pada semua server membagi isinya pada server-server lain.Format data yang didukung juga variatif muai dari rss,rdf,xml hingga backend scripting.Sama halnya dengan personalisasi ,sindikasi juga dapat dilakukan dengan mudah karena isi dan desain telah dibuat terpisah.
  • Akuntabilitas. oleh karena CMS mendukung alur kerja dan hak akses yang jelas kepada para penggunanya,data/informasi yang disampaikan dapat dipertanggungjawabkan  dengan baik.Setiap penulis ataupun editor memiliki tugas masing-masing dengan hak akses yang berbeda pula.Dengan demikian setiap perubaha yang terjadi di server dapat ditelusuri dan diperbaiki seperlunya dengan segera.

4.KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN CMS
  • Mengelola konten lebih mudah.Semua CMS mempunyai antarmuka dimana administratormaupun registered user dapat login dan melakukan update maupun maintenence web tersebut.Karena sifatnya web-based,maka update ataupu maintenence dapat dilakukan dari mana saja asal tersedia koneksi internet dan web browser.
  • Level akses user.Setiap admin dan user mempunyai username dan password masing-masing serta mempunyai hak akses yang dapat ditentukan oleh administrator.Ini sangat berguna untuk membatasi akses yang tidak perlu atau tidak boleh digunakan oleh suatu level tertentu.
  • Konten dan desain terpisah.desain template dan konten aka disimpan secara terpisah.Pada umumnya template dalam bentuk file statis dan konten disimpan database yang secara dinamis dapat dimunculkan ketika dipanggil.Begitu juga saat menambahkan maupun mengupdate konten secara dinamis ditambahkan pada database.Pemisahan ini sangat baik dan sangat memudahkan dalam hal mengupdate desain dengan template yang baru maupun dalam transfer web ke hosting lain.
  • Lebih mudah untuk SEO.CMS yang baik dilengkapi dengan fasilitas untuk membuat situs kita menjadi SEO friendly.Seperti misalnya penambahan meta pada setiap halaman atau posting.Membuat url SEO friendly sehingga URL halaman web kita akan menjadi lebih mudah diindex dan ditelusuri oleh mesin pencari.
  • Pengembangan dengan extension dan plugin.CMS yang mempunyai dukungan dan komunitas yang besar biasanya mempunyai kemampuan untuk ditambahkan modul-modul untuk mengembangkan website standar menjadi lebih banyak fitur seperti forum,toko online,slider,blog,support,form kostum dan lainnya.CMS yang baik akan mampu dikembangkan sesuai kebutuhan.
  • Menghemat waktu dan biaya pembuatan.menggunakan CMS untuk membuat web atau blog dapat menghemat waktu kita karena yang kita lakukan adalah meninstallnya pada web hosting terbaik dan sedikit konfigurasi.Memilih template yang sesuai dan mulai membuat konten.Banyak CMS yang open source yang gratis yang dapat dipakai  dengan dukungan template serta plugin yang akan memperkaya fungsi dan penampilan website kita.


5. FUNSI CMS

CMS pada prinsipnya dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan dan dalam berbagai kondisi,seperti untuk:

  • mengelola website pribadi.
  • mengelola website perusahaan/bisnis.
  • Portal atau website komunitas.
  • Galeri foto dan sebagainya.
  • Forum.
  • Aplikasi E-Commerce.
                                                
  Demikian bahasan saya tentang content management  system atau yang biasa dikenal dengan CMS semoga memberikan anda banyak informasi dan pengetahuan anda bertambah.Untuk lebih memahami atau masuk dalam level manguasai ada baiknya untuk mengambil private yang tersedia di JOGJAWBSEO.COM 
                                                   
 
                                                       SEKIAN DARI SAYA
                                                   Wassalamu'alaikum wr.wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian,fungsi dan konfigurasi bind9 di debian

Menghubungkan smartphone satu ISP di cisco Packet Tracer

Menghubungkan 2 jaringan antar gedung dengan Routing Dinamic rip Cisco Packet Tracer