Sejarah internet

Assalamu'alaikum Wr.Wb


Pada kesempatan kali ini
Saya akan share tentang


Sejarah Internet









A. PENGERTIAN

 internet adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global TCP/IP,sebagai pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna diseluruh dunia.rangkaina internet yang terbesar dinamakan internet.

B. LATAR BELAKANG

Agar kita lebih mengetahui tentang internet dan sejarah internet yang ada di dunia maupun di Indonesia.

C. TUJUAN

    Mengetahui pengertian Internet
    Mengetahui Sejarah internet di dunia
    Mengetahui sejarah internet di Indonesia

D. PEMAHAMAN

a.sejarah internet di Dunia
    Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh dapartemen pertahanan amerika serikat pada tahun 1969,melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET.Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan,kehandalan,seberapa besar informasi dapat dipindah,dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP. tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer.pada saat itu Dapartemen Pertahanan Amerika Serikat(US Departement of Defense)membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari informasi terpusat,yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Research Institue,university of california,santa barbara,university of utah.dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969 dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan oktober 1972. tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat diseluruh daerah dan semua universitas dinegara tersebut ingin bergabung,sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.oleh sebab itu ARPANET dipecah,menjadi dua yaitu milnet yang digunakan untuk keperluan militer dan ARPANET baru yang lebih kecil untuk keperluan non militer seperti universitas-universitas. gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA internet yang disederhanakan menjadi internet.

b. sejarah internet Indonesia
  sejarah internet indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an.saat itu jaringan internet di indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network,dimana semnagat kerjasama,kekeluargaan dan gotong royong sangat hangat dan terasa diantara pelakunya.disekitar tahun 1994 mulai beroperasi indonet yang dipimpin oleh sanjaya. indonet merupakan ISP komersil pertama di indonesia.pada saat itu pihak POSTEL belum mengetahui tentang celah-celah bisnis internet, sehingga pada saat itu masih sedikit yang menggunakan internet. sambungan awal ke internet dilakukan menggunakan dial-up oleh indoNet.mulai pada tahun 1995 beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri dengan melalui remote browser Lynx di AS,maka pemakai internet di Indonesia bisa akses internet (HTTP).     

  Perkembangan terakhir yang perlu diperhitungakn adalah trend ke arah e-commerce dan warung internet yang satu dan lainnya saling menunjang membuah masyarakat Indonesia yang lebih solid di dunia informasi.berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC,protokol internet(IP)pertama dari indonesia UI-NETLAB(192.41.206/24) didaftarkan oleh universitas indonesia pada 24 juni 1988.Nama legendaris pada awal pembanguna internet pada tahun 1992 hingga 1994 antaranya RMS Ibrahim,Suryono Adisoemarta,Muhammad Ihsan,Robby Soebiakto,Putu,Firman Siregar,Adi Indrayanto dan Onno W.Purbo .

E. KESIMPULAN

   kesimpulan dari informasi yang saya sampaikan diatas,jadi kita bisa lebih mengetahui tentang internet dan sejarah internet dunia maupun sejarah internet di Indonesia.

 F. REFERENSI



Sekian yang bisa saya sampaikan
Semoga bermanfaat 

Wassalamu'alaikum Wr.Wb 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian,fungsi dan konfigurasi bind9 di debian

Menghubungkan smartphone satu ISP di cisco Packet Tracer

Menghubungkan 2 jaringan antar gedung dengan Routing Dinamic rip Cisco Packet Tracer