OSI LAYER

 Assalamu'alaikum Wr.Wb



Pada kesempatan kali ini saya
akan share tentang







1.PENGERTIAN

     OSI Layer adalah sekumpulan layer yang tidak berkesinambungan atau berkelanjutan tapi memiliki keterkaitan satu sama lain, karena disetiap layer memiliki fungsi masing-masing yang saling mengaitkan.

 2.LATAR BELAKANG

     Latar belakang postingan ini agar kita lebih memahami OSI dan mengetahui macam-macam Layer yang ada.

3. TUJUAN

  • Memahami pengertian OSI
  • Mengetahui macam-macam layer yang ada
  • Mengetahui urutan OSI yang 
4. BAGIAN OSI LAYER






    Sekarang kita akan membahas bagian-bagian osi yang ada.Lapisan layer berjumlah 7 lapisan yang akan kita bahas satu persatu di bawah ini.

1. PHYSICAL LAYER

       Pyhsical layer berfungsi sebagai media transmisi jaringan, arsitektur jaringan, topologi jaringan dan pengkabelan. jadi di pyhsical layer ini  adalah layer yang berhubungan dengan bentuk fisiknya.

2. DATALINK LAYER

          DataLink layer ini berfungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit dikelompokan menjadi format frame. pada layer ini didalamnya ada proses pengoreksian atau pendeteksi kesalahan, apabila data yang dikirim salah atau rusak akan dihancur kan oleh sistem tersebut.


   3. NETWORK LAYER
          Pada Network Layer ini data yang dikirim akan diberikan alamat-alamat atau sering kita sebut pengalamatan IP. sehingga data yang kita kirim tersebut sampai ke tujuannya masing-masing, kemudian data akan dirouting melalui internerworking dengan menggunakan router dan switch.


4. TRANSPORT LAYER
         Pada Layer ini data dipecah menjadi paket-paket data serta diberikan nomor urut ke paket tersebut,sehingga dapat disusun kembali saat data sudah sampai tujuan. selain itu dilayer ini juga memberikan tanda apabila data diterima dengan sukses dan mentransmisikan ulang apabila data hilang ditengah jalan.


  5. SESSION LAYER
        Session Layer ini berfungsi untuk memelihara koneksi dan mengamankan data.apabila ada data yang tidak sesuai,maka data tersebut akan dihancurkan. seperti halnya yang ada pada layer DataLink.

  6. PERSENTATION LAYER
       Pada layer ini data yang dipecah di Layer Transport disusun kembali sesuai urutan yang telah diberikan sehingga menjadi data yang utuh kembali.


  7. APLICATION LAYER
       Di aplication layer ini data yang dikirimkan tadi akan ditampilkan menjadi antarmuka atau interface dan mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan.






E. KESIMPULAN
     Jadi kita dapat mengetahui apa itu OSI dan Macam-macam Layer yang ada pada OSI.


F. REFERENSI




Sekian yang bisa saya sampaikan
Semoga bermanfaat

Wassalamu'alaikum Wr.Wb 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian,fungsi dan konfigurasi bind9 di debian

Menghubungkan smartphone satu ISP di cisco Packet Tracer

Menghubungkan 2 jaringan antar gedung dengan Routing Dinamic rip Cisco Packet Tracer